Inter Island Cup

Laga final Inter Island Cup 2014 akan digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu (1/2). Kendati digelar di tempat netral dan di luar pulau Jawa, laga yang mempertemukan Arema Indonesia vs Persib Bandung ini diyakini tetap menyedot pendukung mereka untuk datang langsung ke stadion.

Kabag Ops Polresta Palembang, Kompol Tulus Sinaga mengatakan, pihak keamanan telah mengatur pola pengamanan, untuk menyambut kehadiran suporter pendukung di final IIC2014. Demi ketertiban dan keamanan bersama, ia menghimbau agar para suporter tidak membawa senjata tajam (sajam) dan barang-barang yang dilarang lainya.

"Kami tidak segan-segan memberi tindakan tegas, apabila ada yang membawa senjata datang ke Palembang. Mereka kita sambut dan akan kita kawal. Tetapi jika membuat ulah tentunya akan kami tindak juga," ujarnya.

Tulus mempersiapkan sebanyak 1.312 aparat kepolisian Polresta Palembang dan dibantu Brimob Polda Sumsel. pihaknya juga akan melakukan razia kepada setiap bus suporter yang masuk, karena Jakabaring terpusat di Mapolresta Palembang.

"Kita akan lakukan sweeping setiap bus suporter mau masuk Jakabaring dan kami arahkan ke Mapolresta. Setelah itu di area pintu masuk GSJ mereka juga akan diperiksa lagi," beber Tulus.

Semenyara itu, komunikasi dan koordinasi juga dilakukan oleh kelompok supporter Sriwijaya FC dengan pendukung kedua tim yang akan berlaga di final. "Ada 3.000 bobotoh yang didaftarkan kepada kami akan datang ke Palembang. Total keseluruhan itu yang masuk list keberangkatan pengurus pusat Bobotoh. Mereka memberi kabar kepada kami (suporter Sriwijaya FC)," kata Ketua Sriwijaya Mania Hooligan Eddy Ismail.

Eddy menyatakan, sebagai suporter tuan rumah, mereka siap menyambut kedatangan Bobotoh ke Palembang. Kehadiran dua kelompok suporter dari Persib dan Arema tentunya akan menjadi pembahasan khusus dengan para anggotanya.

"Kami sempat rapat dan keputusannya tidak akan menggunakan atribut suporter pada final IIC. Karena kita tidak mendukung Persib dan Arema di sana," paparnya.

Selain kehadiran Bobotoh, sambung Edi, pihaknya juga mendapat konfirmasi dari suporter Aremania. Hanya saja, pihak Aremania tidak memberitahu berapa jumlah suporter yang datang. "Aremania juga sudah memberi kabar, tapi tidak tahu jumlahnya. Kalau Bobotoh ada sekitar 20 bus pariwisata masih dalam perjalanan dari Bandung. Mungkin besok pagi mereka akan tiba," tukasnya.